Tuesday, August 21, 2007

Cook With Mom (1)


Aaah….akhirnya minggu ini aku pulang juga ke kampung halamanku di Sumedang nun jauh di mato. Waaa...senangnya hatiku. Sudah hampir 2 bulan aku belum menghirup lagi udara Sumedang yang segar dan menyejukkan itu. Seperti biasa aku sudah menyiapkan beberapa rencana mau ngapain saja mengisi waktu liburan disana.

Diantaranya adalah hunting foto di daerah Kampung Toga di Gunung Puyuh. Bagi yang belum tahu, di daerah gunung tersebut bersemayam makam pahlawan Kemerdekaan kita, Coet Nyak Dien. Menurut rekomendasi beberapa rekan, di Kampung Toga tersebut pemandangannya sangat bagus dan ada olahraga paralayang juga.

Namun ternyata realitas berbicara lain, rencana tinggal rencana. Rencana yang sudah kususun terpaksa harus direvisi dikarenakan beberapa hal :

  1. Aku malah sakit meriang dan panas. Jadinya selama hari pertama aku cuma bedrest saja sambil nonton tipi :(.
  2. Teman yang kuajak bareng ke sana tuk jadi jadi model tumbuh-tumbuhan malah membatalkan keikutsertaannya :p

Tapi ternyata Allah Maha Mendengar do’a hambanya :) Hari berikutnya kondisiku mulai baikan. Karena rencana sebelumnya sudah dirubah, aku terpaksa sehari itu hanya di rumah saja. Pagi itu, melihat ayam goreng yang teronggok kaku di atas piring dari kemaren timbulah ide di kepalaku, ngajak masak Ayam Balado ke si Mamah :D

Jadilah pagi itu aku masak Ayam Balado bareng ibuku. Asyik asyik asyiiiik….masak masak masaak…

Ini dia bahan-bahan yang dibutuhkan :

6 potong ayam (kebetulan sudah digoreng)
10 buah cabai merah besar
5 buah cabai rawit merah
7 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

1 sendok teh gula pasir

Garam secukupnya
100 cc air

Cara bikinnya begini nih :
1. Campur dan haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih.
2. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu, tambahkan hingga matang. Masukkan daging ayam dan campurkan dengan bumbu lalu tambahkan air, gula pasir dan garam secukupnya. Aduk hingga bumbu meresap pada daging ayam kemudian angkat.
3. Sajikan selagi masih hangat. Selamat menikmati.

Nah, ternyata memasak itu gampang kan? Bahan-bahannya juga mudah didapat dan tidak mahal-mahal. Selamat mencoba…..

Itadakimasu !!!!

No comments: